Marquez Juara MotoGP 2016

MOTEGI – Marc Marquez juara MotoGP 2016! Hal itu terjadi karena dia finis pertama di race GP Jepang, sementara dua rival utama, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tidak bisa menyelesaikan balapan sehingga keunggulan The Baby Alien di klasemen tidak akan terkejar.
Balapan yang digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi itu menjadi mimpi buruk untuk Tim Movistar Yamaha. Pasalnya, Rossi terjatuh saat lap ketujuh, lalu disusul Lorenzo yang tergelincir kala lap 19.
Jalannya Balapan
Marquez dan Lorenzo melakukan start apik sehingga sama-sama bisa menyalip Rossi yang duduk di urutan kedua. Tak butuh waktu lama bagi Lorenzo untuk tampil memukau, sebab dirinya juga melewati Marquez sehingga memimpin jalannya lomba sejak lap pertama.
Persaingan sengit terus terjadi antara Lorenzo dan Marquez. Pada lap kedua, Marquez berhasil melewati Lorenzo lewat pertarungan sengit di lintasan lurus.
Tiga pembalap terdepan, Marquez, Lorenzo, dan Rossi seperti tidak tersentuh dengan para pembalap lainnya. Ketiganya semakin jauh dari kejaran Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso yang melengkapi lima besar.
Di lap keempat, terjadi perubahan posisi karena Rossi berhasil meng-overtake Lorenzo. Di saat yang hampir bersamaan, Dovizioso menyalip Espargaro untuk menyabet urutan keempat. Sementara itu, Jack Miller retired setelah terjatuh.
Rossi mengalami insiden pada tikungan 10 Sirkuit Twin Ring Motegi sehingga terjatuh! Beruntung, pembalap Movistar Yamaha tersebut masih bisa bangkit dan melanjutkan balapan. Namun tak lama kemudian, Rossi memasuki pit untuk mengecek motornya. Dan sah! Rossi retired alias tidak melanjutkan lomba.
Jatuhnya Rossi jelas menjadi berkah untuk Marquez. Dia pun semakin memperlebar jarak dengan Lorenzo dan unggul hampir satu detik dari kompatriotnya itu kala lap 10.
Memasuki sepertiga balapan, kecepatan Lorenzo menurun sehingga dirinya semakin jauh dari Marquez. Gap antara sang juara bertahan MotoGP dengan Dovizioso yang menduduki posisi tiga pun terus tergerus.
Lorenzo justru terjatuh di tikungan sembilan lap 19 sehingga terpaksa mengakhiri balapan lebih dini. Marquez kian nyaman berlari sendirian di posisi pertama karena Dovizioso yang otomatis naik ke posisi dua berada sangat jauh.
Marquez pun tanpa kesulitan mempertahankan keunggulannya sebelum melewati garis finis. Dia lantas dibuntuti Dovizioso dan Maverick Vinales di zona podium.