Harap Hati-hati, Pencuri Motor Punya Alat Baru Untuk Bobol Kunci Pengaman

Master Kunci yang Digunakan Pencuri untuk Menggondol Kendaraan 
JAKARTA - Para pelaku pencurian kendaraan bermotor semakin canggih dalam melakukan aksi kejahatanya. Kendati pemilik kendaraan sudah memiliki kunci ganda, mereka punya alat baru untuk melancarkan aksinya.

Kanit IV Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Handik Zusen mengatakan, pada kalangan pelaku curanmor, alat tersebut dinamakan master kunci.

"Dengan alat ini, pelaku curanmor tidak lagi membobol kunci ganda motor dengan tenaga. Cukup diputar seperti kunci biasa, maka pelaku tinggal memasukkan kunci T dan membawa kabur motor," kata Handik di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (23/10/2016).

Menurut Handik, dengan alat tersebut, pelaku bisa membawa lari motor dalam waktu sepuluh detik. Tiga detik pertama, pelaku membuka kunci ganda dengan master kunci tersebut. Tujuh detik selanjutnya, pelaku memutar paksa pengaman motor dengan kunci T.

Alat tersebut terungkap setelah Subdri Resmob Polda Metro Jaya menangkap tujuh pelaku begal dan curanmor asal Karawang dan Lampung.‎ Ketujuh tersangka kerap melakukan operasinya di Bekasi dan sekitarnya.

Pelakunya bernama Agus Hidayat (25), Abdul Karim (26), Abdul Somad (36), Aep Nawasi (19), Saepudin (33), Suherman (33), dan Icang (36). Ketujuhnya ditangkap di lokasi berbeda-beda, antara Karawang dan Bekasi pada pekan lalu.


"Sindikat ini bahkan melengkapi dirinya dengan senjata api rakitan. Mereka tak tanggung-tanggung melukai korbannya ketika melawan," ujar Handik. (ok)