Diduga Tertekan karena Hamil, Mahasiswi Nekat Gantung Diri

DENPASAR – Seorang mahasiswa bernama Ni Wayan Yulia Surya Andari Putri (19) tewas gantung diri di sebuah kamar asrama Jalan Hayam Wuruk Gang IX No 3 Banjar Bengkel, Kelurahan Sumerta, Denpasar. Yulia nekat gantung diri diduga tertekan oleh orangtuanya yang menginginkan anakanya tersebut menggugurkan kandungannya.
Diketahui, Yulia hamil dua bulan akibat hubungan asmara dengan kekasihnya, Ricky Rudianto (20).
Berdasarkan informasi dari tim penyidik lewat keterangan kekasih Yulia, Ricky menuturkan, Ibu Yulia tidak merestui hubungan mereka berdua. Sang ibu kemudian meminta Yulia untuk menggugurkan kandungannya. Yulia yang bersikukuh ingin menikah dengan Ricky lantas nekat gantung diri di kamar kosnya menggunakan sehelai kain.
“Hari Jumat ibunya sempat bilang minta digugurkan, tapi dia tidak mau,” tutur Ricky kepada penyidik Polsek Denpasar Timur, Sabtu (15/10/2016).
Kepada Ricky, Yulia sempat memberikan pesan terakhir sebelum ditemukan tewas gantung diri. Pesan tersebut berbunyi bahwa Yulia sangat mencintai sang ibu dan anak yang dikandungnya hasil hubungannya dengan Ricky. Yulia juga berpesan kepada kekasihnya itu untuk mencari wanita lain.
“Pesan terakhir dia, aku sayang mamak, aku sayang anak kita juga, demi menjaga kehormatan dan nama baik keluarga aku ikhlas menuruti apa maunya mamak. Aku bakal antar anakku nanti sendirian. Kamu baik-baik, kamu bisa cari yang lebih baik dari aku,” ujar Ricky menirukan pesan Yulia.
Sebelum tewas, Yulia dan Ricky sempat adu mulut di kamar kosnya pada Jumat 14 Oktober 2016. Kemudian sekira pukul 19.30 WIB, sang kekasih datang menemui ayahnya dan kembali lagi ke kamar kos Yulia sekira pukul 20.00 Wita untuk mengambil telefon genggamnya yang tertinggal di dalam kamar sang kekasih.
Setelah sampai di kamar kos Yulia, Ricky terkejut melihat kekasihnya yang tengah hamil dua bulan itu sudah terikat lehernya di sebuah tangga besi dengan seutas kain.
“Saya memanggil Yulia, tapi tidak direspons. Setelah masuk, saya melihat dia sudah gantung diri di besi anak tangga dengan menggunakan selendang,” ucapnya.
Mendapati nyawa Yulia sudah tidak ada, Ricky dibantu dua warga menurunkannya dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Puri Raharja. Dari tempat kejadian perkara tidak ada bekas luka di tubuh Yulia. saat ditemukan, Yulia mengenakan kaus berwarna hitam putih dengan dalaman daster hitam.